Contoh perbaikan

Pengolahan logam / mesin / mobil

Produk-produk pengepresan selang memang aman, tetapi urusan pembuangan dan biaya bisa jadi masalah.

Produk pengepresan selang digunakan pada pipa transfer cairan pendingin yang dipakai di pabrik produsen bahan bangunan untuk mencegah kebocoran dan putus sambungan. Konektor tidak dapat digunakan lagi saat selang diganti. Hal ini sangat disayangkan dan stok suku cadang pengepresan kemudian diperlukan, yang berarti tambahan biaya.

Selang mengeras karena minyak ! Terjadi penghentian produksi dan kerugian !

Di pabrik pembuatan komponen mobil, selang vinil bersirat (braided hose) PVC tahan minyak perusahaan lain digunakan di perpipaan pendingin mesin pemrosesan dengan kombinasi barb fitting dan pipa. Akan tetapi, selang setiap tahun selalu lepas, sehingga terjadi masalah seperti produksi stop dan sebagainya dan berakibat kerugian.

Udara bocor dari bagian nipple barb fitting dan selang

Di pabrik pembuatan bahan pengelasan yang sedang menjalankan program untuk menurunkan jumlah konsumsi energi, terjadi udara bocor dari bagian sambungan nipple barb fitting dengan selang vinil PVC untuk perpipaan udara.
Karena tempat pemasangan yang harus dikerjakan banyak dan dibagi-bagi sedangkan cara pengetatan pita oleh operator berbeda-beda, maka hasil pengetatan ulang secara berkala pun tidak tampak hasilnya.

Ada klaim kebocoran dan terlepas dari klien tempat pengiriman produk mesin !

Dari konsumen tempat pengiriman mesin kerja berapa kali ada keluhan kebocoran cairan akibat pengetatan pita yang kurang baik atau akibat penuaan mesin. Produsen mesin sudah berusaha menanganinya, tetapi belum mendapatkan metode yang terbaik. Kemudian di tempat kerja, proses kerja pemasangan barb fitting dan pita selang ke mesin merupakan pekerjaan yang sulit, sehingga membingungkan.

Aliran berkurang karena selang “ tertekuk/tergencet ”!

Di pabrik pembuatan bearing, digunakan selang vinil tetron bersirat (tetron braided hose) PVC untuk pemipaan di sekeliling mesin dimana dialirkan oli pemotong. Tetapi pada sekitar metal braket, selangnya tertekuk, dan selain itu selang mengeras akibat oli sehingga tidak kembali ke bentuk semula dan menjadi masalah karena aliran fluida menjadi buruk.

Akibat listrik statis dari mesin kolektor debu, sering terjadi insiden mengagetkan !

Di pabrik pembuatan busi mobil yang menggunakan bubuk keramik, untuk keindahan lingkungan setiap hari bubuk keramik dalam pabrik dibersihkan dengan mesin kolektor debu.
Saat pembersihan itu, apabila selang pengisap mesin kolektor debu menyentuh bagian logam dari mesin, akan mengalir listrik statis yang mengagetkan sehingga perlu tindakan penanganan terhadap insiden mengagetkan terebut.

Selang robek akibat percikan api las. Terjadi kerugian energi !

Digunakan selang udara dari bahan uretan pada lini pengelasan mesin pertanian. Tetapi adanya percikan api mengakibatkan lubang pada selang sehingga terjadi kebocoran udara.
Kemudian komisi ISO 14000 perusahaan tersebut menunjukkan bahwa terjadi kerugian energi akibat hal tersebut, sehingga diperlukan penanganan segera.

Cat melekat pada selang. Kemudian tertekuk sehingga aliran udara berhenti !

Digunakan selang uretan perusahaan lain sebagai penyemprot udara (airgun) pada ruang pengecatan pabrik. Tetapi akibat cat yang melekat pada selang, membuat selang susah digunakan. Selain itu selang juga tertekuk sehingga timbul masalah aliran udara terhenti.

Pemotongan selang sulit dilakukan sehingga berbahaya !

Pada saat pemasangan selang spring di lini produksi mobil, terlebih dahulu selang dipotong pada panjang yang diperkirakan, dan saat di tempat kerja selang tersebut dipotong lagi sesuai panjang yang telah diatur.
Tetapi karena ada kawat baja pada selang, membuat pemotongan dengan mengatur panjang secara akurat menjadi sulit dilakukan sehingga proses kerja pemasangan menjadi sangat bertele-tele.

Selang udaranya tersangkut sehingga membua bingung !

Digunakan selang udara untuk mengalirkan udara ke mesin dan lain-lain. Hampir seluruh penggunaan dalam pabrik dilakukan dengan cara selang ditarik, tetapi karena sering tersangkut mengakibatkan produktivitas buruk.
Walau pun demikian karena menganggap pemakaian selang udara memang seperti itu, maka penggunaannya terus dilakukan seperti itu.